Mendikbud Khawatirkan Dampak Globalisasi

Republika, halaman 2, Sabtu, 19 November

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengajak Badan Koordinasi Humas (Bakohumas) menyosialisasikan pendidikan karakter. Pola pendidikan ini dinilainya dapat membentuk sumber daya manusia untuk membangun bangsa. Hal itu disampaikan saat menjadi narasumber di Anugerah Humas Indonesia 2016 di Bandung, Jumat (18/11).

Di hadapan ratusan humas pemerintah yang tergabung dalam Badan Koordinasi Humas (Bakohumas), Mendikbud mengatakan, pendidikan karakter akan melahirkan insan yang berkualitas dalam intelektual ataupun spiritual. Sebab pendidikan itu melibatkan sekolah, keluarga, dan masyarakat. Bakohumas menjadi potensi masyarakat yang bisa mengambil peran strategis untuk sosialisasi pendidikan karakter dan penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Dalam hal pendidikan karakter, Mendikbud menyatakan pentignya nasionalisme ditanamkan secara serius kepada siswa pendidikan dasar. Meski demikian, globalisasi menjadi tantangan berat. Anak akan berhadapan dengan kebudayaan asing yang terus berdatangan. Jika tidak dibarengi dengan pendidikan karakter, Mendikbud khawatir anak tidak dapat memilah budaya seperti apa yang cocok diterapkan di negeri ini.

Dia mengatakan, pendidikan karakter bukan menolak globalisasi, melainkan lebih pada memberi ruang kepada nasionalisme. Mendikbud mengingatkan, jangan sampai globalisasi menggerus nasionalisme. Meskipun globalisasi menghadirkan keterbukaan lintas sektor, anak harus tetap mencintai Indonesia. Mereka harus bangkit ketika nasionalisme direnggut pihak tak bertanggung jawab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s