Distribusi Guru Ditargetkan Tuntas 2017

Kompas, halaman 1

Upaya pemerataan sebaran guru perlu ditangani serius secara lintas sektor. Prioritas utama adalah mendistribusikan guru ke daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Distribusi ini ditargetkan tuntas paling lambat akhir 2017 sehingga masalah tidak terus berulang dan menumpuk. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersinergi dengan Kementerian Dalam Negeri untuk memetakan daerah perbatasan yang membutuhkan tambahan tenaga pendidik. Selain itu, Kemdikbud juga diminta memetakan guru berdasarkan kemampuan atau kapasitasnya.

Direktur Pendidikan dan Agama Bappenas Hadiat mengatakan, untuk daerah 3T sangat diprioritaskan lewat pengangkatan guru garis depan (GGD). Sebab, daerah 3T kekurangan guru secara kuantitas dan kualitas.

Adapun Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud Sumarna Surapranata menyatakan, untuk daerah yang terdata kelebihan guru, harus diutamakan pemenuhan dari guru yang ada. Caranya, memindahkan guru dari daerah atau sekolah yang berlebih ke daerah atau sekolah yang kekurangan. Untuk menopang pemetaan guru, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sedang membenahi teknologi informasi yang memuat data guru yang tersebar di seluruh Tanah Air.

Pertumbuhan guru berstatus PNS tertinggal jauh dari guru honorer. Dalam kurun lebih dari satu dasawarsa, pertumbuhana guru yang diangkat pemerintah hanya 23 persen, sedangkan guru honorer naik mencapai 860 persen. Inilah yang secara nasional memicu Indonesia kelebihan guru, tetapi pendistribusiannya bermasalah. Berdasarkan kajian Kemdikbud tahun 1999/2000, jumlah guru PNS 1,4 juta orang, pada 2014/2015 bertambah menjadi sekitar 1,74 juta. Sementara dalam kurun waktu yang sama, guru honorer yang awalnya berjumlah 84.600 orang melesat tajam menjadi 812.000 orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s