Mendikbud: Jangan Memberatkan Siswa dengan LKS

www.republika.co.id

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menilai Lembaran Kerja Siswa (LKS) telah membuat fungsi utama guru yakni merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pendidikan tidak berjalan optimal. Ia pun meminta guru tak lagi membebani murid dengan LKS. Menurut Muhadjir, guru tidak boleh hanya pasrah pada LKS sehingga fungsi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi malah dilakukan oleh LKS dan bukan hasil dari perencanaan yang matang oleh guru.

Selain itu Muhadjir menyebut adanya dugaan oknum guru yang hanya mencari keuntungan dari penerbit dengan menjual LKS. Bahkan keuntungan yang diperoleh bisa mencapai triliunan rupiah jika dikalkulasi secara nasional.

Disisi lain efektifitas LKS pada siswa juga tidak terukur. Bahkan Muhadjir menyebut tidak jarang pekerjaan rumah yang dibebankan guru melalui LKS pada siswa justru tidak dikerjakan sendiri. Selama ini beberapa anak didik ketika membawa LKS ke rumah sebagai pekerjaan rumah, tidak sedikit yang malah dikerjakan oleh orangtua atau anggota keluarga lainnya, sehingga tidak cukup efektif.

Link: http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/11/22/oh0grr354-mendikbud-jangan-memberatkan-siswa-dengan-lks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s