Perkumpulan Guru Bukan Organisasi Profesi

Koran Sindo, halaman 2

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menegaskan berbagai organisasi guru saat ini belum memenuhi kriteria sebagai organisasi profesi guru. Dengan demikian organisasi guru belum boleh melakukan pendidikan dan mengeluarkan sertifikasi tenaga pendidik.

Hal itu diungkapkan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Sumarna Surapranata di Jakarta kemarin (21/11). Ia mengatakan, saat ini pihknya masih menggodok kriteria pendirian organisasi profesi guru. Organisasi profesi guru ini dibutuhkan untuk pendidikan profesi guru.

Dia menjelaskan, syarat organisasi profesi adalah profesional dan memiliki tanggung jawab sosial. Salah satu kriteria terpenting organisasi profesi guru, lanjut Pranata, adalah pimpinannya adalah guru. Mereka bukan dosen, pimpinan partai politik, pejabat, ataupun pimpinan perguruan tinggi.

Sementara itu, Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti mengatakan, pihaknya sepakat apabila organisasi profesi guru harus diatur oleh pemerintah. Namun pemerintah tetap harus menggunakan peraturan di atasnya, yaitu UU Nomor 14/2005 tentang Guru dan Dosen dan PP Nomor 74/2008 tentang guru. Retno menekankan, pemerintah harus mengayomi semua organisasi guru karena semua sama di mata hukum dan negara.

Senada dengan itu, Plt Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rasyidi berpendapat, pembentukan organisasi profesi guru sebaiknya tumbuh dari kalangan guru tanpa ada campur tangan pemerintah. Namun, tidak perlu dipersoalkan apakah pengurus organisasi itu dari guru karena yang terpenting adalah mereka mempunyai visi untuk memperbaiki profesi guru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s