Relawan dan Guru Honorer Jadi Solusi

Kompas, halaman 12

Berbagai cara ditempuh untuk mengatasi problem kekurangan guru akibat distribusi tenaga pengajar yang tidak merata. Ada daerah yang merekrut sarjana baru untuk menjadi relawan. Ada pula daerah yang mengandalkan tenaga honorer. Upaya merekrut anak muda lulusan perguruan tinggi ditempuh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Mereka disiapkan untuk mengajar di daerah terpencil dengan gaji Rp 2 juta per bulan serta dikontrak selama dua tahun dalam program Banyuwangi Mengajar.

Program itu dibentuk sebagai solusi dari kekurangan guru di daerah pelosok. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjelaskan, pemkab memilih anak muda karena memiliki idealisme untuk mengabdi pada masyarakat. Program Banyuwangi Mengajar yang telah berlangsung dua tahun diikuti 50 pengajar muda. Tahun ini pemkab merekrut lagi 20 orang untuk disebar ke sejumlah desa.

Di Papua, upaya mengatasi kekurangan guru akibat distribusi tenaga pengajar yang tidak merata ditempuh dengan merekrut 9.762 guru honorer. Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papua Protasius Lobya, ribuan guru honorer untuk jenjang SD hingga SMA/SMK itu akan menjalani pelatihan kompetensi pada Januari-Maret 2017. Diharapkan kompetensi mereka bisa setara dengan guru PNS.

Di Lampung, upaya mengatasi kekurangan guru juga ditempuh dengan memanfaatkan tenaga honorer. Lampung kekurangan 4.652 tenaga guru PNS di tigkat SMK dan SMA. Peningkatan kemampuan tenaga honorer dilakukan dengan mentoring oleh guru mata pelajaran. Program mentoring dilakukan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang terdiri atas sejumlah guru pengampu mata pelajaran yang sama. Guru dengan nilai Ujian Kompetensi Guru terbaik di kabupaten menjadi mentor. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Heri Sulistyo mengatakan, pihaknya mengucurkan Rp 50 juta per tahun untuk tiap-tiap MGMP di setiap Kabupaten.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s