Pendidikan Profesi Guru Belum Sesuai UU

Republika, halaman 5

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) menyebut, pendidikan profesi guru (PPG) belum ideal sesuai UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Sebab, belum ada organisasi profesi guru yang menjadi partner PPG.

Direktur Jenderal kelembagaan Iptek dan Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti, Patdono Soewignjo, mengatakan, dalam konteks itu, maka PPG belum bisa dilakukan kalua belum ada organisasi profesi guru. Sesuai UU tersebut, semua profesi harus dihasilkan melalui pendidikan profesi yang diselenggarakan bekerja sama dengan organisasi profesi dan pendidikan tinggi.

Patdono menjelaskan, tujuan pembentukan organisasi guru adalah untuk memperjuangkan dan mengembangkan profesi guru. Oleh sebab itu, pihaknya akan menjadikan organisasi profesi guru sebagai partner dalam penyelenggaraan PPG.

Sementara, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Sumarna Surapranata, mengatakan, pihaknya tengah merumuskan kriteria organisasi profesi guru untuk mendampingi PPG. Ia berharap oraganisasi tersebut dapat diisi oleh guru, baik di pusat maupun di daerah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s