Sistem Penyediaan Guru Dibenahi

Kompas, halaman 1

Di tengah persoalan ketidakmerataan distribusi guru yang belum teratasi hingga sekarang, Indonesia terancam menghadapi persoalan serius lainnya terkait tenaga pengajar. Dalam kurun 2016-2020, diproyeksikan ada 316.535 guru tetap akan pensiun, sementara penyediaan guru baru yang bersertifikat atau sesuai UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen hanya 3.000 – 5.000 orang per tahun. Artinya, pada 2016-2020, maksimal hanya sekitar 25.000 guru tetap yang bisa disediakan pemerintah.

Guru tetap merupakan komponen sangat penting. Namun, selama ini, problem kekurangan guru tetap itu diatasi dengan mengangkat guru honorer. Lama-kelamaan, secara makro, jumlah guru di Indonesia melampaui kebutuhan, yakni kelebihan 155.408 orang. Namun, jika dilihat lebih mikro, terjadi kekurangan guru tetap yang merupakan komponen krusial proses pendidikan.

Mengingat kebutuhan akan guru yang tetap tinggi itu, Paristyanti Nurwardani, Direktur Pembelajaran Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menilai, peranan institusi pendidikan guru akan menjadi sangat penting. Lembaga tersebut harus mampu menyediakan tenaga pengajar dalam jumlah cukup besar yang berkualitas. Menurut Paristyanti, berdasarkan informasi dari Kemdikbud, selaku pengguna lulusan perguruan tinggi penghasil calon guru, kebutuhan tenaga pengajar berkisar 40.000-60.000 orang per tahun.

Dalam situasi tersebut, Ketua Perkumpulan Lembaga Penyelenggara Pendidikan Guru Indonesia Djaali mendesak pemerintah untuk segera membuat perencanaan detail kebutuhan guru per bidang studi dan per wilayah. Dengan perencanaan ini, penyediaan guru profesional yang dilakukan lembaga pendidik tenaga kependidikan dapat berjalan terarah. Menurut dia, LPTK saat ini meliputi 12 perguruan tinggi, 30 fakultas keguruan dan ilmu pendidikan di perguruan tinggi, serta 380 perguruan tinggi swasta. Mereka semua harus bisa memastikan kualitas pendidikan guru, apalagi pemerintah sedang menyiapkan standar nasional pendidikan guru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s