Pendidikan Agama Tanam Budaya Damai

Media Indonesia, halaman 12

Hasil studi tentang pendidikan Islam merekomendasikan pentingnya pembaruan dalam pengajaran agama Islam di sekolah agar tidak dirancang hanya untuk memperkuat keimanan melalui praktik ritual keagamaan. Lebih esensial untuk menanamkan nilai-nilai budaya damai sebagai instrumen pembentukan karakter dan budi pekerti, yang diharapkan dapat menetralkan dan menangkal paham radikal.

Dalam sebuah seminar bersama Education Sector Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP) di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, kemarin, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan bagaimana kehidupan keagamaan dewasa ini dan agama Islam mampu hadir mengintegrasikan masyarakat sebagai bangsa dengan realitas kemajemukan dan keragaman yang ada di Tanah Air. Pengembangan kapasitas dan analisis sektor pendidikan (ACDP) dilakukan atas kerja sama Kemenag, Kemendikbud, Pemerintah Australia (Aus Aid), Uni Eropa, dan Asian Development Bank (ADB).

Menurut Lukman, bermodalkan berbagai keunggulan dan potensi besar yang dimiliki itu, visi pendidikan Islam ke depan di Indonesia ialah terwujudnya pendidikan Islam yang unggul, moderat, dan menjadi rujukan dunia dalam integrasi ilmu agama, pengetahuan, dan teknologi. Untuk memastikan kualitas SDM yang baik, pendidikan Islam perlu fokus pada sedikitnya tiga aspek, yaitu kualitas pendidikan, pembentukan akhlak murid yang baik dan budi pekerti yang luhur, serta pengembangan keterampilan mereka dalam berpikir tingkat tinggi.

Dalam menindaklanjuti hasil studi itu, Kepala Bagian Penelitian dan Pengembagan (Kabalitbang) Kemendikbud Totok Suprayitno mengatakan, pihaknya akan menjadikannya referensi pendidikan Islam di sekolah umum. Dia merujuk kekuatan dan jangkauan madrasah yang memberi layanan pendidikan umum berciri khas Islam pada sekitar 20% anak usia sekolah. Pihaknya mendukung Kemenag akan pentingnya kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi sebagai keterampilan yang dibutuhkan anak Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s