PPG Jadi Saringan Calon Guru

Kompas, halaman 12

Pendidikan Profesi Guru (PPG) menjadi benteng terakhir untuk menyaring calon guru berkualitas. Karena itu, lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang ditetapkan sebagai penyelenggara pendidikan profesi pun mempertaruhkan mutu disertai sejumlah syarat. PPG selama setahun dengan pola berasrama diikuti sarjana kependidikan dan nonkependidikan. Sampai tahun ini, peserta PPG di lembaga pendidik tenaga kependidikan (LPTK) yang ditetapkan pemerintah merupakan alumni Sarjana Mendidik di Daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (SM3T).

Wakil Ketua Asosiasi LPTK Swasta Indonesia Suyatno mengatakan, penyelenggara LPTK negeri dan swasta digandeng dalam konsorsium pendidikan guru untuk menyusun standar PPG. Penyusunan harus sangat hati-hati karena PPG merupakan saringan terakhir untuk menghasilkan guru yang berkualitas. Menurut Suyatno, tidak sampai 50 persen dari 380 LPTK swasta yang berkualitas baik. Namun, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tetap memberikan kesempatan kepada LPTK swasta yang mampu memenuhi syarat untuk menjadi penyelenggara PPG. Saat ini, ada hibah untuk penguatan LPTK negeri dan swasta.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Joko Nurkamto mengatakan, penyelenggara PPG harus dibatasi untuk menjamin kualitas. UNS sudah menginjak tahun keempat ditunjuk melaksanakan PPG untuk alumni SM3T dan PPG Terintegrasi. UNS memiliki asrama. Namun, untuk PPG berasrama yang lebih sesuai tujuan mencetak guru profesional berkarakter, butuh dukungan untuk merevitalisasi asrama di kampus yang lebih memadai.

Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Rochmat Wahab mengatakan, pemerintah harus menghitung betul kebutuhan guru. Pemenuhan guru bersertifikat profesional jangan hanya fokus pada daerah 3T, tetapi juga kebutuhan di perkotaan yang menghadapi masalah guru-guru pensiun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s