Menag dan Mendikbud Imbau Muliakan Guru

Republika, halaman 1

Menjelang peringatan Hari Guru Nasional pada 25 November ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengucapkan terima kasih kepada guru-guru Indonesia, terutama di lingkungan madrasah dan pendidikan Islam. Sementara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi menyerukan gerakan Ayo Hormati Guru terkait peringatan yang sama. Menag menekankan kemuliaan para guru karena telah mencetak generasi bangsa berpendidikan. Proses pendidikan yang dilakukan guru menghasilkan pikiran dan perbuatan orang-orang yang hebat.

Untuk itu, Lukman mengajar setiap pihak untuk memuliakan guru, bukan malah merendahkan. Memuliakan adalah sebuah tindakan terpuji karena hal tersebut telah memberi kontribusi yang baik bagi kelangsungan para guru ke depan. Dia mengatakan, guru merupakan salah satu unsur yang menjadi tulang punggung pendidikan suatu bangsa.

Hal yang tidak kalah penting, menurut dia, adalah perhatian pemerintah terhadap nasib para guru di Indonesia, terutama di lingkungan madrasah dan pendidikan Islam. Sebesar 85 persen lebih anggaran Kementerian Agama dialokasikan untuk pendidikan Islam. Perhatian ke pendidikan Islam itu cukup besar, yang diperuntukkan bagi pengembangan sarana dan prasarana pendidikan, sumber daya manusia, dan guru itu sendiri.

Mendikbud berpesan, para guru mesti lebih bekerja keras dalam membentuk karakter anak didiknya. Tugas berat itu hanya bisa dijalankan jika para guru benar-benar meresapi panggilan jiwanya, sebagai pendidik yang menghayati profesinya. Sejauh ini, persoalan tenaga pengajar di Indonesia mengalami permasalahan. Salah satunya adalah soal persebaran guru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s