Menko PMK Harap Kerja Sama RI-Belanda Perkuat Mutu Pendidikan Vokasi

Suara Pembaruan, halaman 16

Menteri Koordinator Pembangunan Manusa dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, berharap kerja sama pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Belanda dapat memperkuat pembangunan di bidang pendidikan, khususnya pendidikan vokasi, baik di tingkat pendidikan menengah maupun pendidikan tinggi.

Hasil itu disampaikan Puan saat menjadi pembicara kunci dalam forum seminar sesi pertama bertajuk “Higher and Vocational Education” dan sesi kedua yaitu “Achieving Universal Health Coverage by Strengthening Primary Care” di Jakarta, Rabu (23/11).

Puan mengatakan kerja sama ini dapat berupa penguatan kurikulum, penajaman program studi, pemantapan guru dan dosen serta pertukaran pelajar, mahasiswa, dan pemuda. Di samping itu, kerja sama penelitian di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi antarperguruan tinggi juga perlu digalakkan untuk memacu peningkatan inovasi teknologi.

Dikatakan, pemerintah Indonesia saat ini terus berupaya mencari solusi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi persaingan global. Salah satunya adalah melalui jalur pendidikan dan pelatihan.

Untuk menyiapkan calon tenaga kerja yang memiliki kompetensi sehingga berdaya saing, pemerintah membuat kebijakan untuk melakukan revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi. Puan mengatakan bidang yang menjadi prioritas adalah industri kemaritiman, pariwisata, pertanian, dan ekonomi kreatif. Ditargetkan, pada jangka pendek, seluruh lulusan dari program revitalisasi itu memiliki sertifikat kompetensi yang memudahkan mereka masuk ke dunia kerja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s