Pemerintah Hentikan Ujian Nasional

Koran Sindo, halaman 2

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan melakukan moratorium pelaksanaan ujian nasional (UN) di tingkat SD hingga SMA. Moratorium ini dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Mendikbud Muhadjir Effendy menerangkan, pelaksanaan UN dimoratorium karena fungsi UN hanya sebatas pemetaan tentang kemampuan siswa selama menempuh pendidikan di sekolah. Oleh karena itu, UN tidak perlu dilakukan setiap tahun, sedangkan evaluasi termasuk menentukan kelulusan siswa bisa dilakukan sekolah dan guru.

Menurut Muhadjir, fungsi negara dalam sistem pendidikan nasional hanya menjadi pengawas dan pembuat regulasi. Pemerintah pusat bertugas membuat standar mutu pendidikan, sedangkan implementasinya dilakukan pemerintah daerah sesuai kondisi lokal masing-masing. Dengan adanya moratorium, maka setiap daerah akan mengadakan evaluasinya sendiri-sendiri. Untuk jenjang SMA/SMK evaluasinya akan dilakukan pemerintah provinsi. Sedangkan pemerintah kabupaten/kota akan menangani evaluasi siswa tingkat SMP dan SD.

Muhadjir mengungkapkan, dari UN yang sudah berlangsung berhasil dipetakan 30% sekolah yang kualitasnya di atas standar nasional. Sisanya masih di bawah standar dan akan diperbaiki Kemendikbud. Dia menjamin perbaikan sekolah yang masih ada di bawah standar ini nanti hasil akhirnya akan melampaui standar nasional yang ditetapkan. Anggaran UN juga akan dialihkan untuk revitalisasi. Treatment-nya untuk perbaikan kualitas guru melalui bimbingan. Termasuk revitalisasi sekolah dan pembenahan kurikulum serta lingkungan.

Sementara itu, Plt Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rasyidi menyambut baik moratorium UN ini. Kata dia, UN sebaiknya dihapus lalu setiap daerah menentukan sendiri bentuk  evaluasinya mengingat kualitas pendidikan setiap daerah berbeda-beda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s