Terus Berinovasi dalam Mengajar

Media Indonesia, halaman 11

Peran guru teramat penting dalam mendidik dan mencetak generasi penerus, termasuk dalam melanjutkan estafet kepemimpinan. Oleh sebab itu, harus terus dijaga agar semangat mendidik para guru tidak surut demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam menghadapi persaingan bangsa Indonesia ke depan.

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Sumarna Surapranata terkait peringatan Hari Guru Nasional (HGN) yang digelar hari ini (25/22). Saat ini, Pranata mengatakan, sudah banyak guru di penjuru negeri yang melakukan inovasi, khususnya inovasi pembelajaran atau biasa disebut inobel.

Oleh karena itu, lanjut Pranata, Kemendikbud pada setiap HGN mengundang ribuan guru dari seluruh kabupaten, kota dan provinsi di Indonesia untuk hadir dalam simposium nasional yang menampilkan berbagai karya dan kreativitas mereka. Hal itu dilakukan, selain untuk menghargai hasil karya mereka, juga untuk memotivasi guru agar terus berkarya dan berinovasi dalam pembelajaran.

Sementara, praktisi pendidikan Indra Charismiadji menambahkan, pentingnya inovasi dan kreativitas di era saat ini sudah menjadi keharusan bagi para guru di seluruh Indonesia. Mereka, lanjutnya, harus mau belajar mengenai perkembangan dunia, teknologi, kehidupan sosial dan dunia kerja agar apa yang diberikan kepada muridnya menjadi relevn sesuai kebutuhan.

Senada dengan itu, guru Bimbingan Konseling SMAN 99 Jakarta Ika Setyawati sependapat perlunya guru untuk meningkatkan inovasi. Namun demikian, ia menggarisbawahi agar guru juga diapresiasi atas karya dan inovasinya tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s