Bangsa Maju Muliakan Guru

Republika, halaman 4

Ketua MPR Zulkifli Hasan, dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, menyatakan, betapa peran Guru sangat mendasar dalam mencetak sumber daya Manusia (SDM) berkualitas. Bangsa yang maju, lanjutnya, harus memuliakan Guru.

Zulkifli mengingatkan, di era globalisasi ini persaingan semakin terbuka dan karenanya peran guru semakin vital. Penguasaan iptek dan teknologi menjadi kunci kemajuan suatu bangsa. Ia juga mengapresiasi kerja dan pengorbanan guru yang turut menentukan wajah masa depan bangsa. Kualitas guru, menurutnya, sudah baik dan memiliki prestasi membanggakan. Tapi guru diminta jangan berpuas diri dan terus meningkatkan kemampuannya.

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo mengatakan, sebagai pernghormatan kepada guru, pemerintah membuat Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Dalam kepres itu menetapkan 25 November sebagai Hari Guru Nasional yang juga bertepatan dengan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, menambahkan, guru secara resmi dinyatakan sebagai pekerja profesional sejak ditetapkannya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen. Untuk mensejahterakan guru, lanjutnya, pemerintah bertekad memberikan tunjangan profesi dan tunjangan khusus bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua PGRI, Unifah Rasyidi, mengatakan, PGRI mendorong transformasi pendidikan mulai dari kelas. Guru wajib menebar kebaikan dan memacu diri untuk terus berubah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s