Penghapusan UN Segera Diputuskan

Media Indonesia, halaman 1

Prseiden Joko Widodo mengatakan keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait desentralisasi ujian nasional akan dibahas dalam rapat rabinet terbatas (ratas) pekan ini. Rencana penghapusan UN sebelumnya sudah diwacanakan Kemendikbud. Menurut Mendibud Muhadjir Effendy, sebagai pengganti UN, pelaksanaan ujian akhir bagi siswa SMA-SMK dan sederajatnya diserahkan kepada pemerintah provinsi. Untuk level SMP/MTs dan SD/MI diserahkan kepada pemerintah kabupaten/kota.

Ia menegaskan moratorium UN ini sejalan dengan konsep Nawa Cita Presiden Jokowi dan pemerintah yang akan menerapkan desentralisasi pendidikan. Kemendikbud dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), lanjutnya, akan menetapkan standar nasionalnya. Penghapusan UN, jelasnya, sejalan dengan putusan Mahkamah Agung (MA), yang menganjurkan agar UN dilaksanakan pada saat kualitas pendidikan sudah merata.

Pelaksana Tugas Ketua Umum PGRI Unifah Rasidi menyambut baik rencana desentralisasi UN. Pasalnya, selain dana untuk UN selama ini tidak sedikit, Unifah menyebut variasi dalam merumuskan standar kelulusan antardaerah yang satu dan lain sangat berbeda jauh. Sedangkan praktisi pendidikan Indra Charismiaji mengingatkan, tidak adanya UN juga menimbulkan kekhawatiran, mengingat evaluasi hasil belajar akan diserahkan kepada guru. Padahal, hasil uji kompetinsi guru (UKG) selama ini belum menggembirakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s