Profesionalisme Diperbaiki

Kompas, halaman 13, Sabtu, 26 Nov

Pemerintah mengakui bahwa masih diperlukan upaya-upaya yang lebih keras untuk meningkatkan profesionalisme guru di Indonesia. Profesionalisme itu antara lain ditandai dengan kemampuan guru untuk selalu mau mempertajam dan memperbarui keahlian di bidangnya agar sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2016, di Jakarta, Jumat (25/11), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, guru dituntut profesional karena profesi guru sangat strategis. Di tangan para pendidik, masa depan bangsa dipertaruhkan.

Karena itu, menurut Mendikbud, pemerintah terus mengupayakan agar guru Indonesia semakin profesional. Namun, dia mengingatkan, upaya peningkatan profesionalisme itu juga harus didukung oleh guru itu sendiri. Muhadjir menjelaskan, ada tiga hal yang mesti dimiliki guru profesional. Pertama, guru harus mampu meningkatkan dan memperbarui keahliannya. Kedua, guru mampu memperkuat tanggung jawab sosialnya karena menjadi guru adalah panggilan jiwa. Terakhir, guru harus bisa memperkuat hubungan di antara teman sejawat dalam asosiasi profesi sesuai bidang ilmu yang diasuhnya.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud Sumarna Surapranata mengatakan, pemerintah tengah menyiapkan panduan pembentukan organisasi profesi guru, seperti organisasi profesi guru kimia dan fisika. Organisasi profesi ini berhak memberi pengakuan kompetensi seseorang untuk mengajar bidang studi tertentu.

Muhadjir menambahkan, profesionalisme guru semakin penting karena pada masa mendatang otoritas guru dibuat semakin besar. Secara bertahap, Kemdikbud akan mempercayakan guru, terutama aspek penilaian yang selama ini belum 100 persen menjadi otoritas guru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s