Siswa Ingin Pemerintah Untuk Menghapuskan UN

The Jakarta Post, halaman 4

Oliver Saianturi, 17 tahun, di tahun terakhirnya di SMA Negeri 8 Bukit Duri, Jakarta Selatan, mengatakan bahwa dirinya yakin ujian nasional tidak diperlukan lagi, sebab ujian nasional hanya untuk mengukur kualitas sekolah saja. Dikatakan bahwa nilai ujian nasional digunakan sebagai persyaratan untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN), namun nilai sebenarnya bukan merupakan faktor penentu. Ujian nasional tidak memiliki pengaruh untuk masuk ke perguruan tinggi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan sebelumnya kementerian telah memutuskan untuk menangguhkan pelaksanaan ujian nasional di semua jenjang pendidikan mulai tahun depan, sambil menunggu intruksi yang dikeluarkan oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

Hamdany Salsabil, siswa 15 tahun yang sekarang adalah tahun terakhirnya di SMP Negeri 3 Gamping, Sleman, Yogyakarta, mengatakan, ia menyambut baik keputusan yang dibuat oleh Mendikbud. Namun, ia berharap pemerintah mengubah sistem saat ini  dimana nilai ujian nasional digunakan sebagai syarat untuk dapat masuk ke jenjang SMA.

Dalam kunjungannya ke Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat lalu, Presiden Jokowi mengaku bahwa keputusan kementerian tersebut akan dibahas dalam pertemuan yang akan melibatkan sejumlah menteri dan para pemangku kepentingan untuk memutuskan langkah-langkah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Muhadjir mengatakan, pemberlakuan moratorium pada Ujian Nasional ini sesuai dengan konsep Nawacita Presiden Jokowi, dimana dikatakan bahwa ujian tidak akan digunakan sebagai alat ukur untuk mengevaluasi sistem pendidikan nasional. Dengan tidak adanya ujian nasional, yang diawasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir mengatakan bahwa ujian akan dilakukan oleh pemerintah daerah berdasarkan pembagian kerja yang terkait dengan manajemen pendidikannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s