Tanamkan Nilai Keberagaman

Kompas, halaman 11

Guru sebagai pendidik generasi penerus bangsa diharapkan bisa menanamkan penghargaan terhadap keberagaman di Nusantara kepada para anak didik mereka. Penanaman nilai ini berperan penting dalam membentuk karakter serta keindonesiaan siswa. Presiden Joko Widodo dalam sambutan di acara Hari Guru Nasional dan Ulang Tahun Ke-71 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Sentul, Bogor, Minggu (27/11), mengatakan, keberagaman bangsa Indonesia adalah anugerah dari Tuhan yang Mahakuasa. Tidak ada negara di dunia ini yang serupa dengan Indonesia.

Presiden mengatakan, guru harus bisa membuka wawasan siswa mengenai harta kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia. Siswa jangan sampai berpikiran tertutup sehingga begitu mudah berprasangka buruk kepada orang yang berbeda dengan mereka. Hal tersebut, menurut Presiden, merupakan bagian dari penguatan tata krama Indonesia karena karakter positif, seperti saling menghargai, bekerja keras, jujur, disiplin, dan optimis adalah modal bangsa untuk berkiprah dalam persaingan global.

Dalam pidatonya, Presiden juga mengingatkan guru agar mengawasi pemakaian media sosial oleh para siswa. Saling menghujat dan menebar fitnah bukan tata krama bangsa Indonesia, tetapi hal tersebut marak terjadi di media sosial. Ia mengkhawatirkan apabila ada pembiaran dan tidak ada panduan cara memakai internet secara bijak, persatuan bangsa bisa retak.

Sementara itu, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan da Kebudayaan Sumarna Surapranata mengatakan, saat ini sedang dilakukan revisi Standar Kompetensi Guru dan Standar Kompetensi Lulusan Guru. Keduanya disingkronkan agar para guru lulusan lembaga pendidik tenaga kependidikan memiliki kapasitas sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Selama ini, Standar Kompetensi Guru diatur oleh Kemdikbud, sementara Standar Kompetensi Lulusan Guru diatur oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Ada beberapa poin yang berbeda. Hal ini berakibat para lulusan Pendidikan Profesi Guru belum sepenunya memiliki kompetensi yang idealnya dimiliki secara spesifik oleh guru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s