Daerah Minta Moratorium UN Mulai 2018

Koran Sindo, halaman 15

Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menghapus sementara atau moratorium ujian nasional (UN) mulai 2017, dinilai sejumlah pemerintah daerah terburu-buru. Daerah meminta jika Presiden Joko Widodo akhirnya memutuskan kebijakan ini, penerapannya paling cepat pada 2018. Mereka beralasan, persiapan UN untuk 2017 saat ini sudah berjalan, termasuk penganggaran di APBD. Jika harus dibatalkan, hal ini akan membuat repot para siswa, guru, pengelola sekolah dan pemerintah daerah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, setiap kebijakan baru idealnya perlu disosialisasikan secara matang. Sebisa mungkin,lanjutnya, daerah terpencil sekali pun sudah menerima sosialisasi kebijakan baru tersebut.

Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika, mengatakan, Pemerintah Provinsi Bali selama ini hanya menganggarkan uji coba (try out) persiapan UN sehingga jika pelaksanaan ujian kelulusan untuk SMP dan SMA/ SMK dilimpahkan ke pemerintah provinsi maka pihaknya harus menghitung kembali anggaran yang dibutuhkan. Persoalan lainnya pada standar yang akan digunakan. Ini beralasan karena sekarang ini standar sekolah berbeda-beda.

Direktur Eksekutif Institute Education Reform Universitas Paramadina Mohammad Abduhzen berpendapat, UN dimoratorium itu bukan berarti tidak ada UN sama sekali. Namun, katanya, UN tetap bisa dilakukan tapi jangan setiap setahun sekali dan tidak berimplikasi pada ketidaklulusan siswa. Dia tidak sependapat jika tanpa UN maka pendidikan akan jalan tanpa arah. Selama ini UN ternyata tidak direspons positif sebagai penyemangat belajar namun lahan berbagai kecurangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s