Jokowi Janji Tuntaskan Nasib Guru Honorer

Suara Pembaruan, halaman 16

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), mengatakan, nasib guru honorer tetap menjadi prioritas pemerintah. Namun, hal itu tidak bisa diselesaikan dalam serentak, melainkan secara bertahap. Dalam hal ini, Jokowi menyebutkan, pengangkatan harus sesusai dengan persyaratan yang sudah ada dan akan dilakukan secara bertahap. Hal itu disampaikan saat puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-71 di Sentul International Convention Centre (SICC), Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/11).

Pendapat senada juga disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. Ia mengatakan, pengangkatan guru honorer akan ditangani secara bertahap sesuai dengan kemampuan pemerintah serta disesuaikan dengan persyaratan-persyaratan yang telah di tetapkan. Dijelaskan dia, permasalahaan utama bukan pada kekurangan guru, tetapi redistribusi guru. Sebab berdasarkan data, rasio guru dan siswa saat ini sudah ideal, yakni 1:17 atau 1:16. Maka sudah jelas bahwa permasalahannya ada pada pemerataan guru.

Dalam kesempatan itu. Mendikbud juga mengatakan, UN yang dimoratorium dan didesentralisasikan tidak mengubah standar pendidikan. Pasalnya, provinsi dan kabupaten /kota sebagai penyelenggara harus tetap patuh terhadap standar nasional pendidikan yang akan ditetapkan pusat. Muhadjir mengatakan, Kemdikbud dan Badan Standar Nasional (BSN) akan menetapkan standar nasional pendidikan. Dalam hal ini, meski provinsi menjadi penyelenggara, untuk tingkat SMA dan SMK dan kabupaten/kota untuk SMP dan SD tetap dalam pengawasan pusat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s