Menristekdikti Berharap Hasil Riset Dimanfaatkan Pelaku Industri

www.antaranews.com

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir berharap berbagai hasil riset yang dilakukan oleh anak bangsa dapat dimanfaatkan oleh para pelaku industri di dalam negeri. Saat ini, hasil-hasil riset anak negeri belum dimanfaatkan secara maksimal oleh dunia dan justru dimanfaatkan oleh negara lain. Nasir mengungkapkan bahwa hasil riset anak bangsa yang dimanfaatkan untuk pengembangan wirausaha sekitar 1,67 persen dan dari persentase tersebut, baru 0,43 persen kewirausahaan yang berbasis teknologi.

Menurut dia, angka tersebut masih sangat jauh dari ideal karena seharusnya berada di angka 10 persen dari total penduduk di Indonesia. Nasir menilai kepercayaan dunia industri terhadap hasil riset anak bangsa masih rendah sehingga Kemenristekdikti telah memerintahkan jajarannya di semua tingkatan ada untuk membuat standarisasi hasil penelitian.

Selain itu, Nasir juga menyebutkan terdapat kesulitan dalam pengembangan riset antara lain, mengkoordinasikan antarkementerian terkait, sehingga pada bulan depan Kemenristekdikti akan melakukan kesepakatan dengan sejumlah kementerian. Kesepakatan tersebut berbentuk Surat Keputusan Bersama Menteri agar inovasi-inovasi yang dilakukan anak bangsa dan perguruan tinggi bisa diberdayakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s