Ukuran Mutu Bukan Hanya UN

Kompas, halaman 12

Kekhawatiran terhadap tiadanya standar mutu yang dapat mengukur keberhasilan pendidikan nasional tidak beralasan. Pengukuran mutu pendidikan di Indonesia sudah ada dan tinggal dikembangkan sehingga tidak bergantung pada ujian nasional (UN) saja. Dewan Pembina Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan Najeela Shihab mengatakan, untuk memetakan pendidikan, sebenarnya hasil akreditasi sekolah/madrasah dapat dipakai. Harus ada komitmen bahwa hasil akreditasi memang mencerminkan penilaian yang sesungguhnya dari sebuah institusi pendidikan secara komprehensif.

Ia mengatakan, pemerintah tidak perlu bergantung sepenuhnya pada UN sebagai ukuran mutu, seakan-akan UN bisa mengukur semua keinginan untuk penilaian mutu.

Selain itu, kata Najeela, Pusat Penilaian dan Pendidikan Kemdikbud sebenarnya sudah mengembangkan Indonesian National Assessment Programme yang diujicobakan di beberapa provinsi. Terkait pemerataan kualitas pendidikan yang sudah didesentralisasikan, memang perlu seluruh komponen terkait duduk bersama lagi. Peran pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan sekolah harus jelas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s