Universitas Saling Bekerjasama Dalam Mengatasi Masalah Pendanaan

The Jakarta Post, halaman 5

Puluhan universitas negeri dan swasta di Indonesia baru-baru ini menyetujui untuk saling bekerjasama dalam mengatasi terbatasnya dana pemerintah untuk akademik, riset dan inovasi. 41 universitas baik negeri maupun swasta telah setuju untuk bekerja sama dengan membentuk Eastern Part of Indonesia-Universities Network.

Kerjasama ini akan membantu universitas mengatasi terbatasnya jumlah penelitian dan anggaran penelitian, Rektor Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) Joni Hermana menjelaskan, kerjasama ini diharapkan dapat mengatasi keterbatasan sumber daya manusia. Tidak hanya itu, hasil akhir dalam bentuk publikasi ilmiah atau jurnal juga bisa berlipat, karena dilakukan secara bersama-sama dalam tema dan SDM yang beragam.

Universitas-universitas yang berpartisapasi dalam EPI-UNET, di bawah koordinasi ITS, dibagi menjadi empat koridor yaitu Koridor I untuk Papua dan Maluku, Koridor II untuk Bali dan Nusa Tenggara, Koridor III untuk Sulawesi dan Koridor IV untuk Kalimantan.

Universitas dapat mengalokasikan dana riset mereka sesuai dengan kemampuan mereka. Dana tersebut kemudian digunakan bersama-sama di bawah skema subsidi silang. Joni mengatakan bahwa jika ITS mengalokasikan Rp 2 miliar untuk 20 proyek penelitian dalam satu tahun, maka peneliti dari ITS bisa meminta rekan-rekan dari universitas lain dibawah bendera EPI-UNET untuk melakukan penelitian bersama.

Skema ini diharapkan dapat meningkatkan publikasi dari peneliti Indonesia. Selain itu, lewat skema tersebut, akan memungkinkan juga para tenaga pendidik untuk saling bertukar ilmu pengetahuan dan memperluas peluang dalam kegiatan penelitian.

Kerjasama antar universitas ini menarik perhatian Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan, yang merencanakan untuk menyumbangkan dana tambahan untuk penelitian. Direktur Dana Kegiatan Pendidikan LPDP, Abdul Kahar, mengatakan rencana kerjasama antar universitas tersebut sesuai dengan visi dan misi LPDP yaitu untuk pendanaan penelitian para akademisi Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s