Perlu Ratusan Juta Pekerja

Kompas, halaman 11

Perekonomian Indonesia menempati posisi ketujuh terbesar di dunia pada 2030, dengan syarat tersedia 113 juta tenaga kerja produktif. Saat ini, Indonesia merupakan kekuatan ekonomi yang ke-16 di dunia, dengan jumlah pekerja 55 juta orang. Berdasarkan proyeksi yang dibuat oleh Mckinsey Global Institute itu, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengatakan, ada kebutuhan tenaga kerja baru sebesar 58 juta orang pada periode 2016 hingga 2030. Kalau dirinci, butuh sekitar 3,8 juta tenaga kerja terlatih setiap tahun. Hal ini yang harus disiapkan pemerintah melalui skema pendidikan formal maupun pelatihan kerja.

Hanif mengatakan hal tersebut ketika ditemui seusai penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan lima menteri serta perjanjian kerja sama antara SMK dan industri. Selain Menaker, mereka yang menandatangani nota kesepahaman ialah Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Perindustrian, dan Menteri BUMN.

Nota kesepahaman yang ditandatangani para menteri tersebut meliputi, antara lain, rencana pembangunan pendidikan vokasi berbasis kompetensi; restrukturisasi program keahlian dan kurikulum sesuai kebutuhan industri; serta fasilitasi industri untuk praktik kerja dan pemagangan bagi siswa dan guru.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto mengatakan, dunia industri siap untuk mendukung pendidikan vokasi. Ada berbagai perusahaan yang membantu SMK. Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution yang turut hadir menyaksikan penandatanganan itu mengatakan, nota kesepahaman merupakan langkah penting bagi pengembangan vokasi. Ada banyak hal yang masih perlu disiapkan dan dilakukan. Lewat pilot project yang sudah didesain, pendidikan vokasi yang terhubung dengan industri harus berjalan dan berhasil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s