Semangat Belajar Siswa tak Surut

Kompas, halaman 12

Rencana pemerintah melakukan moratorium ujian nasional (UN) tak menyurutkan siswa kelas III SMP dan SMA di sejumlah wilayah. Mereka tetap giat mengikuti pembekalan materi dan soal mata pelajaran yang sedianya diujikan secara nasional. Neni Handayani, guru SMA Negeri 8 Tangerang Selatan, Banten, mengatakan, tak ada perubahan pola belajar. Sebab, meski seandainya UN pun dibatalkan, para siswa tetap harus menghadapi serangkaian ujian, mulai dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri hingga ujian masuk independen.

Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Tangerang Selatan Imam Supingi berpendapat, moratorium UN bukan berarti tak ada tolok ukur kapasitas siswa ataupun sekolah. Di setiap akhir proses belajar selalu ada evaluasi seluruh materi. UN hanya salah satu bentuk, dan nanti pasti akan ada evaluasi alternatif.

DI SMP Negeri 3 Semarang, Jawa Tengah, tambahan jam pelajaran bagi siswa kelas III sudah dilaksanakan sejak Oktober lalu. Waktunya dua kali dalam sepekan. Kepala SMP Negeri 3 Semarang, Eko Djatmiko mengatakan, pihaknya senantiasa mengkondisikan siswa untuk tetap siap menghadapi akhir tahun ajaran.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 37 Medan, Sumatera Utara, Sahat Marulak Nababan mengatakan, pihaknya teta menggelar pengayaan untuk menghadapi UN. Namun, sekolah itu tidak menambah waktu pengayaan UN di luar jam belajar reguler. Guru memberi pengayaan UN pada jam belajar reguler. Kali ini, mereka memutuskan untuk tidak mengadakan bimbingan belajar. Selain karena belum ada kepastian tentang UN, mereka juga tidak mengadakan bimbingan belajar UN karena harus mengutip biaya dari siswa dan bisa disebut pungutan liar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s