Kinerja Guru Besar Dievaluasi

Kompas, halaman 12

Tunjangan profesi dosen dan tunjangan kehormatan profesor akan diberikan pemerintah dengan mengevaluasi kinerja dosen. Evaluasi pertama kalinya dilakukan pada November nanti dengan mengacu pada karya ilmiah yang dipublikasikan sesuai ketentuan. Kebijakan pembayaran tunjangan pada 2018 mengacu pada hasil evaluasi ini dan diberlakukan kembali pada tiga tahun berikutnya.

Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Ali Ghufron Mukti mengatakan, kebijakan mengevaluasi tunjanagn profesi dosen dan tunjangan profesi dosen  dan tunjangan guru besar berdasarkan Peraturan Menristek dan Dikti No 70 Tahun 2017. Kinerja dosen dengan jabatan akademik lektor kepala dan guru besar pada 2015-2017 dievaluasi. Fokusnya pada jumlah publikasi ilmiah.

Pada November nanti, lektor kepala sedikitnya sudah menerbitkan tiga karya ilmiah di jurnal nasional terakreditasi atau satu karya ilmiah di jurnal internasional. Adapun profesor harus memiliki sedikitnya tiga karya ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional atau minimal satu karya ilmiah di jurnal internasional bereputasi. Pemerintah, kata Ali Ghufron, ingin mengajak dosen fokus melaksanakan tridarma perguruan tinggi. Selama ini, dosen lebih banyak fokus di pengajaran. Penelitian terlupakan. Padahal, ini penting untuk mendorong budaya riset dari perguruan tinggi tumbuh subur dan menghasilkan inovasi yang dapat meningkatkan daya saing bangsa.

Pada tahun ini, ditargetkan 70 profesor, baik asing, diaspora, maupun dalam negeri, yang bereputasi internasional akan membantu perguruan tinggi dalam negeri meningkatkan riset dan publikasi karya ilmiah di jurnal internasional. Peningkatan mutu dosen, ujar Ghufron,  dengan merekrut calon dosen berpotensi lewat Program Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s