Sejumlah Sekolah Belum Siap Daring

Kompas, halaman 11

Sejumlah sekolah menengah atas atau yang sederajat dinilai belum siap dengan sistem daring dalam proses pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri. Hal ini, antara lain, karena masih gagapnya kepala sekolah di daerah tertentu dalam mengakses internet.

Dari total 24.739 sekolah yang terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), hanya 14.740 sekolah yang melakukan pengisian data sekolah secara lengkap hingga tahap finalisasi untuk bisa mengikuti seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN).

Ketua Panitia Pusat SNMPTN Ravik Karsidi, di Solo, Jawa Tengah, Senin (20/2), mengatakan, dari 24.739 sekolah yang terdaftar di PDSS, hanya 18.005 sekolah yang melakukan pengisian data. Dari jumlah itu, 14.740 sekolah sudah mengisi data hingga tahap finalisasi. Sementara itu, 2.479 sekolah sudah mengisi lengkap atau sebagian data sekolah, tetapi belum melakukan finalisasi. Sisanya belum mengisi secara lengkap data.

Ravik menambahkan, banyak sekolah belum siap dengan sistem daring dalam proses pelaksanaan SNMPTN, terutama pengisian dan verifikasi data PDSS. Karena itu, jadwal pengisian dan verifikasi PDSS oleh pihak sekolah yang sebenarnya sudah ditutup pada 12 Februari diperpanjang selama dua hari, hingga akhirnya ditutup 14 Februari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s