Mahasiswa Diajak Berwirausaha

Kompas, halaman 11

Pemerintah mendorong generasi muda untuk berwirausaha setelah merampungkan studi. Partisipasi pemuda untuk berwirausaha penting dalam upaya membuka lapangan kerja bagi banyak orang. Mahasiswa ditantang mengajukan perencanaan bisnis untuk kemudian diberi dana hibah seusai kelayakannya. Hal ini mengemuka dalam fokus Kantor Staf Presiden (KSP) Goes to School bertajuk Entrepeneurs Wanted” di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur, Rabu (15/3).

KSP mengundang sejumlah pengusaha Indonesia untuk berbagi pengalaman di hadapan generasi muda dalam program tersebut. Deputi III KSP Denni Puspa Purbasari mengatakan, KSP bekerja sama dengan Kemendikbud dan Kemenristek Dikti, serta Kementerian Agama agar program tersebut bisa menjangkau pelajar di SMA/SMK, perguruan tinggi, dan pesantren. Program tersebut telah dimulai sejak Februari 2017 dan direncanakan berlangsung sebulan sekali di institusi pendidikan yang tersebar di seluruh Tanah Air.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti Intan Ahmad mengatakan, pihaknya memiliki program kewirausahaan yang bertujuan mendorong mahasiswa berkolaborasi dengan dosen untuk menyusun perencanaan bisnis. Jika perencanaan bisnisnya sudah matang proposal dapat diajukan ke Kemristek Dikti dan akan diberikan dana hibah.

Rektor ITS Joni Hermana menyatakan, pembinaan mahasiswa untuk menjadi pengusaha sudah diintegrasikan dalam kurikulum di ITS sejak 2015 lalu. Selain itu, ketika mahasiswa memasuki tahun ketiga masa studi, mereka diwajibkan berkonsultasi dengan petugas ITS Career Center. Kalau ternyata seorang mahasiswa dianggap cocok menjadi pengusaha, pihaknya akan membantu memberikan pengarahan serta motivasi kepada mereka untuk membuka usaha. Alumni ITS juga diajak untuk berpartisipasi dengan berbagi pengalaman membuka usaha kepada mahasiswa dalam sejumlah seminar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s