Mendikbud: USBN 2017 Jadi Tolok Ukur Pelatihan Guru

Suara Pembaruan, halaman 17

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, mengatakan, pelaksanaan ujian sekolah berbasis nasional (USBN) 2017 untuk meningkatkan mutu guru. Untuk itu, mulai dari penyusunan soal hingga pemerikasaan dan penilaian menjadi tanggung jawab guru. Pasalnya, USBN akan jadi tolak ukur kemampuan guru. Sebab, usai USBN hasilnya akan dievaluasi dan dijadikan pertimbangan pelatihan guru. Dijelaskan Muhadjir, guru diberi kepercayaan untuk membiasakan diri membuat soal bernalar tinggi. Namun tidak semua guru terlibat, hanya guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Mereka telah terbiasa menyusun soal dengan nalar tinggi.

Selanjutnya, ia menyebutkan, guru dilibatkan karena pada USBN ada soal esai yang membutuhkan peran serta guru dalam menilai. Selain itu, pengadaan USBN juga dilakukan sebagai langkah untuk melihat seberapa konsisten sekolah dalam meminimalkan praktik-praktik kecurangan. Baik kecurangan terstruktur maupun tidak.

Lebih lanjut Muhadjir juga menyebutkan, setelah USBN diadakan akan dilakukan koreksi. Tujuannya untuk melihat perkembangan guru. Maka ia sangat menyayangkan jika terjadi kebocoran soal sebab, USBN ada unutk mengukur dan meningkatkan mutu guru.

Sementara dalam penyusunan soal USBN, menurut Muhadjir, guru MGMP terlebih dahulu diberi pelatihan menyusun soal bersadarkan standard an isi dari pusat. Mendatang katanya, sebagai pembiasaan guru menyusun soal dengan nalar tinggi, pelatihan pada guru seperti guru pembelajar akan dialihkan langsung pada bagaimana meningkatkan mutu guru dalam menyusun soal berbobot. Dijelaskan, latihan guru pembalajaran ini dinamakan self calibration untuk membentuk dan meningkatkan pemahaman guru.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s