Peminat Jalur SNMPTN Capai 893.323

Koran Sindo, halaman 2

Peminat seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2017 kian tinggi. Tercatat hingga penutupan pendaftaran, jumlah siswa yang mendaftar SNMPTN mencapai 893.323 orang. Jumlah ini meningkat 248.121 siswa dibandingkan peminat SNMPTN 2016 yang hanya berjumlah 645.202.

Dalam proses seleksi, SNMPTN didasarkan pada prestasi akademik calon mahasiswa dari nilai rapor, nilai ujian sekolah berstandar nasional, dan prestasi akademis lainnya. Peningkatan peminat SNMPTN ini salah satunya dipicu oleh penambahan program studi (prodi) di sejumlah PTN dan kian bertambahnya jumlah PTN yang menerima calon mahasiswa dari prestasi akademik.

Ketua Panitia SNMPTN/= SBMPTN 2017 Ravik Karsidi mengatakan, tahun ini memang ada penambahan prodi di sejumlah PTN dan bergabungnya PTN baru ke SNMPTN. Tahun lalu sebanyak 115.178 siswa diterima di berbagai PTN melalui jalur SNMPTN. Mayoritas mereka diterima di kampus yang berlokasi di Pulau Jawa. Dari jumlah itu, 24.506 siswa lulus SNMPTN dengan jalur beasiswa Bidikmisi.

Sementara itu, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek- Dikti Intan Ahmad menjelaskan, nilai USBN masih menjadi bahan pertimbangan rektor dalam penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN. Hanya, berapa skor nilai dari variabel USBN diserahkan kepada masing-masing rektor untuk menentukannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s