Sekolah ”Coding” Dibutuhkan

Kompas, halaman 12

Coding atau menulis kode pemrograman menjadi keterampilan yang wajib dikuasai mereka yang berwirausaha di industri digital, seperti perusahaan rintisan yang tengah marak. Sekolah atau institusi pendidikan yang mengajarkan keterampilan ini sangat dibutuhkan.

Hal itu diungkapkan Mandy Purwa Hartono, Direktur Pemasaran Purwadhika Startup & Coding School, saat jumpa pers di sekolah itu di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten, Kamis (16/3). Purwadhika setahun terakhir membina delapan perusahaan rintisan untuk mendapat pelatihan dan inkubasi guna mengubah ide bisnis menjadi produk yang bisa dijual.

Hartono, mengatakan, coding sebagai bagian dari pendidikan vokasional sudah mendesak dilakukan. Mereka juga berencana menggandeng sejumlah perguruan tinggi untuk memberikan materi coding secara khusus sebagai satu program studi.

Michael Widjaja, CEO Sinar Mas Land, pengembang BSD, mengungkapkan, lokasi yang digunakan Purwadhika ini adalah kawasan yang tengah sebagai pusat (hub) digital untuk mendukung ekosistem industri digital. Mereka menyiapkan infrastruktur dan fasilitas untuk mengumpulkan orang-orang yang memiliki talenta dan kepentingan serupa.  Nantinya, jika telah teruji, pusat-pusat serupa akan disertakan dalam proyek properti di kawasan lain. Menurut Michael, membangun ekosistem industri selalu dimulai dari sekolah, seperti menghadirkan sekolah coding Purwadhika.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s