UNPAD Gulirkan Dana Hibah Riset

Republika, halaman  5

Universitas Padjajaran (UNPAD) mengucurkan dana hibah riset gelombang I unutk 375 peneliti dari dosen. Penyerahan dana tersebut dilakukan secara simbolis oleh Rektor Unpad, Tri Hanggono Achmad di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad.

Dalam kesempatan tersebut, Tri mengungkapkan Unpad menargetkan peningkatan jumlah publikasi dan mutu riset. Karenanya ada dana Hibah Internal Unpad yang diharapkan dapat mendorong pencapaian target tersebut.

Direktur Riset, Pengabdian pada Masyarakat dan Inovasi Rizky Abdulah mengungkapkan bahwa dari 458 proposal penelitian yang masuk, Unpad memiliki 375 proposal yang dinilai layak untuk didanai. Proposal-propsal yang masuk pun telah mengalami sejumlah proses seleksi.

Rektor menekankan bahwa basis kegiatan riset adalah hasil. Sehingga tidak hanya sekedar riset yang tidak memiliki manfaat menyeluruh. Dengan demikian, saat penting untuk menjaga proses agar output ini bisa tercapai. Sesuai dengan maskud dan tujuan penelitian.

Tri menekankan kegiatan riset yang dilakukan pun harus terkait dengan proses pendidikan. Ini juga untuk mendukung performa pendidikan di Unpad, terutama dalam upaya meningkatkan presentasi lulus tepat waktu. Apabila upaya ini berhasil, produktivitas risetnya baik, jabatan akademik dosen akan berjalan lebih baik lagi.

Selain itu, kegiatan pengabdian pada masyarakat juga harus terintegrasi dengan kegiatan riset. Disisi lain, dengan mendorong peningkatan riset, maka akan turut mendorong perbaikan jenjang akademik dosen.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s