Kemenristekdikti Kucurkan Dana Inovasi Teknologi

Republika, halaman 5

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), memberikan bantuan pendanaan inovasi teknologi Rp 171 miliar. Dana itu diberikan kepada 53 penerima dari kalangan industri dan 13 penerima dari kalangan perguruan tinggi.  Penandatangan kerja sama antara Kemenristekdikti dan para penerima bantuan dana dilakukan di Jakarta, Senin (20/3). Seleksi pendanaan inovasi teknologi ini melibatkan 56 industri, 36 perguruan tinggi, serta 9 lembaga penelitian dan pengembangan (litbang).

Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Jumain Appe mendorong peningkatan invoasi, baik yang dikembangkan para peneliti maupun masyarakat industri. Hasil-hasil penelitian dari kalangan perguruan tinggi diharapkan juga dapat masuk ke ranah industri.

Menurut dia, daya saing inovasi Indonesia saat ini tengah menurun dari urutan 37 pada tahun 2015 menjadi urutan 41 pada tahun 2016. Ia menegaskan, perglunya kerja sama dari perguruan tinggi, lembaga litbang, dan pelaku industri untuk meningkatkan daya saing nasional dalam pengembangan teknologi. Ia berharap dalam pengembangan inovasi ini tidak hanya berhenti pada prototipe penelitian dan pengembangan, tetapi yang paling penting bagaimana hasil peneliatan sampai pada produk dan pengembangannya di pasar.

Jumain juga mengatakan, produk yang dihasilkan oleh para peneliti harus dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat. Hasil inovasi yang dilakukan perguruan tinggi ini sudah di sesuaikan dengan standar industri. Sekema pendanaan inovasi perguruan tinggi diberikan kepada Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum untuk menghasilkan industri berbasis teknologi (teaching industry) dan mendorong inovasi perguruan tinggi ke industri melalui skema konsorium industri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s