Soal USBN Diduga Bocor di Google Drive

Koran Sindo, halaman 2

Seorang guru sekolah menengah atas (SMA) yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan link soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang dibuat Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan Pendidikan Agama Islam (PAI) telah bocor dan beredar melalui Google Drive dan WhatsApp.

Link tersebut, lanjutnya, sudah disebar di grup guru oleh salah satu guru di sekolah. Namun, tidak ada respon dari pihak berwenang. Soal yang bocor tersebut, baik soal tipe A dan B, cocok dengan aslinya. Sehingga, siswa yang mendapatkan bocoran soal tersebut dapat menjawab soal ujian dengan waktu singkat.

Menanggapi hal itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy akan melakukan pengkajian untuk mencari sanksi yang tepat bagi pelaku pembocor soal USBN. Kajian itu penting mengingat USBN baru pertama kali dilaksanakan. Mendikbud pun telah menugaskan Inspektur Jenderal Kemendikbud untuk menelisik kejadian dugaan kebocoran tersebut bersama dinas pendidikan setempat.

Sementara itu, Ispektur Jenderal Kemendikbud Daryanto mengatakan, pihaknya akan melakukan penelusuran untuk menyelidiki laporan tersebut. Ia juga merasa prihatin atas kejadian tersebut, karena USBN hanya ujian sekolah saja, bukan ujian nasional yang skalanya lebih besar. Terlebih, amanat untuk membuat soal USBN adalah guru, namun justru guru yang membocorkan soalnya.

Oleh sebab itu, Daryanto menegaskan, siapa pun yang nanti terbukti membocorkan, baik guru atau pun kepala sekolah, maka sanksinya akan dipecat. Ia pun akan menyelidiki motif dari aksi penyebaran soal ini, karena perilaku kecurangan tersebut sangat mencoreng dunia pendidikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s