Studi Murah Jangan Korbankan Kualitas

Kompas, halaman 12

Alokasi anggaran pendidikan yang mencapai lebih dari Rp 400 triliun atau sekitar 20 persen dari APBN menjadikan biaya pendidikan dalam negeri semakin murah. Meski demikian, makin terjangkaunya biaya pendidikan jangan sampai mengorbankan kualitas. Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan, yang terpenting adalah bagaimana anggaran itu efektif dan efisien. Gratis atau murahnya biaya pendidikan seharusnya tidak diartikan kualitasnya rendah. Karena itu, peningkatan kualitas guru menjadi perhatian yang sangat penting. Hal itu disampaikan Mardiasmo dalam pembukaan Konferensi Pendidikan Internasional bertajuk “Belajar untuk Semua: Prinsip Bersama untuk Pemerataan Sistem Pendidikan Dasar yang Kuat”, di Jakarta, Selasa (21/3).

Menurut Mardiasmo, alokasi anggaran bagi sertifikasi guru banyak yang masih sia-sia karena sebagian pengajar kurang memenuhi standar kualitas. Menurut Mardiasmo, selain kualitasnya kurang baik, mereka juga ingin mengajar di perkotaan, bukan di pelosok yang membutuhkan peran guru. Banyak guru juga tidak bisa memanfaatkan anggaran sertifikasi karena belum mampu memenuhi kualifikasi.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kemdikbud Harris Iskandar menanggapi, sertifikasi guru yang baru saja berjalan mungkin belum memberikan dampak signifikan terhadap mutu pendidikan. Meski demikian, ke depan diharapkan ada perbaikan mutu. Ia mengatakan, pihaknya telah memilih strategi sertifikasi karena percaya dengan memuliakan dan menyejahterakan guru, nantinya pasti ada peningkatan mutu pendidikan.

Khusus bagi guru-guru di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T), Kemdikbud memberlakukan sertifikasi guru dengan perlakuan khusus, yaitu dengan mempermudah kriteria. Selain itu, mereka juga disediakan tunjangan kemahalan dan insentif dari pemerintah daerah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s