Peraih Nobel Raih Doktor Kehormatan ITB

Republika, halaman 5

Institut Teknologi Bandung (ITB) menganugerahi gelar doktor kehormatan kepada Prof. Peter Agre, peraih Nobel tahun 2003 dalam bidang Kimia untuk karyanya yakni saluran-saluran dalam membran sel tentang aquaporins yang mencapai sampai ke tingkat atom. Penganugerahan gelar doktor resmi diberikan usai Prof. Petter Agre memaparkan materinya dalam sidang terbuka di Sasana Budaya Ganesha, Rabu (22/3).

Sidang ini dihadiri langsung oleh Rektor ITB Kadarsah Suryadi dan jajaran rektorat lainnya. Rektor Kadarsah mengatakan penganugerahaan ini diberikan ITB karena besarnya karya dan dedikasi Petter Agre dalam ilmu pengetahuan khususnya sains yang mengembangkan bidang Biokimia serta memberikan manfaat yang luas bagi kemanusiaan.  Peter Agre juga diangkat sebagai Adjunct Professor ITB dalam bidang Kimia.

Prof Petter Agre menyampaikan materi bertema ‘Aquaporin Water Channels’. Profesor dalam bidang kedokteran di Johns Hopkins University School of Medicine ini memaparkan bahwa sel-sel tubuh harus berisi saluran khusus untuk menyalurkan air. Dalam karyanya ini digambarkan biokimia modern dalam pencariannya untuk memahami proses dasar kehidupan.

Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam (FMIPA) ITB Edy Tri Baskoro, mengatakan, Peter Agre merupakan peraih Nobel kelima yang dihadirkan FMIPA ITB. Banyaknya ilmuwan sains yang dihadirkan tersebut bertujuan agar pemuda tertarik dengan sains.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s