Persiapan Sudah Capai 90 Persen

Kompas, halaman 12

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyatakan, persiapan ujian nasional untuk tingkat SMA-SMK di seluruh Indonesia sudah 90 persen. Ujian nasional tersebut rencananya di gelar pertengahan April. Menurut Muhadjir, kesiapan pihak sekolah menggelar ujian nasional tidak hanya terjadi pada sekolah di perkotaan tetapi juga dipinggiran. Contohnya, daerah perbatasan di Kalimantan Barat pun siap menggelar ujian.

Secara terpisah, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Kota Malang Sri Ratnawati mengatakan, semua sekolah tingkat SMP di Kota Malang siap melaksanakan ujian nasional, baik menggunakan komputer maupun kertas. Di Malang ada 102 SMP dan sederajat, sebanyak 100 sekolah menggunakan ujian berbasis komputer.

Dari sekitar 100 SMP di Kota Malang, setengah diantaranya belum memiliki komputer sendiri. Mereka akan mengikuti ujian berbasis komputer di SMA atau SMK yang memiliki fasilitas komputer.

Sementara itu, di Bandar Lampung, sejumlah sekolah masih menyelenggarakan ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Fasilitas untuk ujian yang telah disiapkan di antaranya ruang kelas dan komputer bagi sekolah yang menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Adapun pun pelaksanaan UNBK di Papua pada tahun ini masih terkendala sarana dan prasarana. Tercatat hanya 12 daerah dari 28 kabupaten dan satu kota yang menggelar ujian dengan metode seperti itu. Total ada 213 sekolah di Papua yang dapat melaksanakan UNBK pada tahun ini. Sementara sekolah di daerah pegunungan, seperti Puncak Jaya dan Lanny Jaya, masih ujian secara manual.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s