Langkah Kecil Bangun Peradaban

Kompas, halaman 11

Ada anggapan buku dan pustaka hanya untuk kaum pelajar atau akademisi. Tak heran jika minat baca masyarakat rendah. Di Aceh, persepsi itu pelan-pelan diubah. Sejumlah komunitas hadir menggelar bacaan. Langkah kecil untuk membangun peradaban baru, dari oral ke literal. Salah satu komunitas baca itu adalah komunitas Rumah Baca Aneuk Nanggroe (Ruman). Kepala komunitas, Ruman Fadhil, mengatakan, jumlah pengunjung sehari mencapai 400 orang dengan jumlah buku yang dipinjam hingga 300 judul.

Peminjaman buku di Ruman mudah. Cukup mengisi biodata dan nomor telepon. Tidak ada denda bagi yang terlambat mengembalikan buku, selain itu selama ini tidak ada yang tidak mengembalikan buku yang dipinjam.

Selain Ruman, terdapat juga komunitas lain yang membuka pustaka di tengah-tengah warga, antara lain Rumah Relawan Remaja (3R), Taman Baca Ar-Rasyid, Sahabat Aneuk Dhuafa Pidie Mengajar, dan Mugee Buku. Koordinator 3R Romi Perdana mengatakan, pihaknya membuka lima pustaka di desa terpencil di Aceh Tamiang, Aceh Tengah, dan Aceh Besar. Pihaknya memilih daerah-daerah terpencil tersebut mengingat selama ini anak-anak di sana sulit memperoleh bacaan. Buku yang disediakan 3R lebih banyak untuk anak-anak seperti buku cerita, komik, dan buku agama. 3R juga menempatkan satu sukarelawan untuk mengelola pustaka dan mengajarkan anak-anak baca tulis.

Minat baca warga Aceh secara nasional berada di peringkat ke-10 bawah dari 34 provinsi. Catatan UNESCO, indeks membaca bangsa Indonesia pun hanya 0,0001 (2012). Artinya di antara 1.000 orang, hanya satu orang yang mebaca secara serius. Demikian pula catatan survei Most Literated Nation in The World (2015) yang menempatkan Indonesia pada peringkat ke-60 dari 61 negara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s