UI Gelar Uji Kompetensi Vokasi

Kompas, halaman 12

Universitas Indonesia mulai Juni mendatang untuk pertama kali akan menggelar uji kompetensi bagi mahasiswa tingkat akhir. Pengujian ini dilaksanakan Program Pendidikan Vokasi UI bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Direktur Pusat Pendidikan Vokasi (PPV) UI Sigit Pranowo Hadiwardoyo, Sabtu (25/3), mengatakan, uji kompetensi akan dilakukan serentak untuk 11 program studi, antara lain Akuntansi, Bisnis Perkantoran, Manajemen Informasi, Komunikasi, Kesehatan, dan Pariwisata. Tim penguji akan melibatkan unsur dari BNSP.

Sigit menjelaskan, uji kompetensi akan memakan waktu sekitar dua bulan karena mahasiswa harus memaparkan presentasi satu per satu. Ada sekitar 1.300 mahasiswa tingkat akhir program D-3 yang mengikuti uji kompetensi ini. Materi uji kompetensi telah disusun PPV UI dan BNSP dengan melibatkan pihak industri terkait. BNSP juga mengeluarkan standar profesi program studi vokasi tersebut. Sementara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyusun Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) untuk bidang vokasi terkait.

Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignyo menambahkan, SKKNI berisi rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan dan keterampilan. Selain itu, memuat juga sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan perundang-undangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s