41 Ribu Guru Uji Kompetensi Ulang

Jawa Pos, halaman 1

Selalu ada kesempatan kedua. Hal itu juga berlaku bagi 41.218 pengajar yang tidak lulu uji kompetensi guru (UKG) 2016. Mereka bisa mengikuti UKG ulang pada 25-29 April. Kebijakan menggelar UKG ulang itu tertuang dalam surat Direktorat Jendaral (Ditjen) Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bertanggal 27 maret soal program sertifikasi guru 2017.

Ada dua agenda besar yang terkait dengan sertifikasi guru tahun ini. Yakni, pelaksanaan UKG ulang dan penetapan peserta sertifikasi 2017. Ujian ulang itu membuka kesempatan bagi guru untuk mendapatkan tunjangan profesi. Hal tersebut diapresiasi oleh Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Muhammad Ramli Rahim. Menurut dia, para guru harus menyiapkan diri dengan lebih baik.

Puluhan ribu guru itu tidak lulus UKG karena tidak memenuhi nilai minimal. Yakni, 80 poin. Sejumlah kalangan menyebut angka kelulusan itu terlalu tinggi. Namun, angka tersebut tidak bisa ditawar. Sebab, konsekuensi yang didapat juga besar. Ramli mengatakan guru penerima tunjangan profersi memang harus guru profesional dengan standar kompetensi tinggi. Harapannya, uang negara yang digunakan untuk membayar tunjangan profesi guru dibalas dengan dampak pembelajaran yang berkualitas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s