Sebagian Siswa Kesetaraan Siap Jalani UNBK

Suara Pembaruan, halaman 16

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2017 unutk sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat akan berlangsung pada 13-15 April 2017.Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Nizam, mengatakan, persiapan UN berjalan lancar. Termasuk kesiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi siswa kesetaraan.

Dijelaskan Nizam, tahun ini merupakan tahun pertama Pendidikan Kesetaraan beralih pada UNBK. Untuk itu, melihat dan mempertimbangkan kesiapan siswa, pihaknya lantas melakukan simulasi. Pasalnya, simulasi ini menjadi pembelajaran yang sangat bermakna, tidak hanya bagi peserta, tetapi juga bagi pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Dinas Pendidikan, dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya.

Simulasi UNBK bagi siswa kesetaraan dilakukan di 34 provinsi dan diikuti peserta didik dari Program Paket B dan C. Dijelaskan Nizam, simulasi diadakan untuk menepis kekhawatiran banyak pihak yang beranggapan UNBK itu sulit dan menyebabkan kecemasan di kalangan Dinas Pendidikan, pengelola dan peserta didik pendidikan kesetaraan.

Menurut Nizam, pada pelaksanaan UNBK, pemerintah menyediakan aplikasi yang sangat ramah. Para siswa yang pernah menggunakan ponsel dipastikan tidak mengalami kesulitan dalam mengoperasikan komputer. Selian itu, kemudajan pelaksanaan UNBK juga dirasakan sangat mudah saat siswa mengganti jawaban. Mengisi jawaban UNBK ini lebih praktis dikanti dengan cara mengklik atau memindahkan jawaban yang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s