ASEAN Sambut Kebutuhan Pasar Kerja

Kompas, halaman 12

Pendidikan dan pelatihan teknik dan kejuruan diperkuat di negara-negara ASEAN untuk mendukung permintaan pasar kerja hingga mobilitas pekerja profesional yang semakin dibutuhkan dengan berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN. Kerja sama regional bagi pengembangan pendidikan dan pelatihan teknik dan kejuruan bertujuan mendukung peningkatan harmonisasi dan kualitas pendidikan vokasi.

Hal ini dibahas dalam Dialog Kebijakan Regional Ke-5 tentang pendidikan dan pelatihan teknik dan kejuruan (technical and vocational education and training/ TVET) yang bertajuk Tren dan Inisiatif Terbaru untuk Meningkatkan TVET di ASEAN, Rabu (29/3), di Jakarta. Acara yang digelar Sekretariat ASEAN dan Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) itu dihadiri sekitar 50 perwakilan kementerian pendidikan dan tenaga kerja, pembuat kebijakan, praktisi TVET dari negara-negara ASEAN dan ahli dari Jerman.

Deputi Sekretaris Jenderal Departemen Masyarakat Sosial Budaya Sekretariat ASEAN Vongthep Arthakaivalvatee mengatakan, penguatan TVET di kawasan ASEAN bukan hanya untuk meningkatkan pendidikan itu sendiri, melainkan juga dalam mendukung kebutuhan pasar kerja. Kondisi TVET di negara-negara ASEAN masih timpang dalam standar dan mutu.

Dalam kesempatan itu, Direktur Program GIZ-RECTOTVET (Kerja Sama Regional TVET) Nils Geissler menjelaskan, lebih dari dua tahun program ini secara intensif mendiskusikan tantangan pengembangan TVET. Pengembangan TVET di sejumlah negara ASEAN juga belum optimal. Salah satunya karena pendidikan vokasi masih dianggap ”kelas dua”. Banyak yang lebih memandang tinggi perguruan tinggi akademik.

Sementara itu, Eunsang Cho dari UNESCO Bangkok mengatakan, diperlukan perubahan paradigma dengan memperkuat kolaborasi institusi TVET dengan industri dimana pengajar dan kepala sekolah dari praktisi membuat pendidikan sejalan dengan industri. Sehingga, keterserapan lulusan TVET di dunia industri dan minat terhadap TVET meningkat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s