Menristekdikti Panggil Rektor Unsri

Republika, halaman 5

Dua mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri), Palembang, Sumatera Selatan, tewas tenggelam saat mengikuti pendidikan dasar kepemimpinan (Diksar) pada Ahad (26/3). Dalam kunjungannya ke Pesantren Mambaul Ma’arif Jombang, Selasa (28/3), Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, ia bakal memanggil rektor Unsri untuk menjelaskan secara detail terkait peristiwa tersebut dan yang bertanggung jawab dalam hal itu. Nasir pun akan meminta rektor untuk memberikan peringatan kepada tim pembina diksar.

Saat ini, lanjut Nasir, pihaknya juga masih menunggu hasil investigasi Polres Ogan Ilir yang sudah melakukan olah TKP dan memeriksa sejumlah saksi pada Senin (27/3). Peristiwa naas ini terjadi di Bumi Perkemahan Danau Pandu Sriwijaya, Kampus Unsri Inderalaya, dan sebanyak tiga orang saksi sudah dimintai keterangan.

Nasir menjelaskan, saat dua mahasiswa tersebut tenggelam, kegiatan Diksarpim yang diadakan BEM KM FKIP selama 24-26 Maret 2017 ini sudah selesai. Usai Diksar, kedua mahasiswa ini lantas mengadakan syukuran bersama teman-temannya di kolam retensi yang kedalamannya bervariasi, mulai dari satu meter sampai di atas dua meter. Kedua mahasiswa yang tenggelam ini terperosok masuk ke bagian yang dalam dimana kedalamannya mencapai 8 meter. Hasil visum sementara tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan.

Dua mahasiswa yang tewas dalam Diksar ini berinisial MTH (19 tahun) dan QZ (19 tahun). Keduanya tercatat sebagai mahasiswa semester II Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FKIP Unsri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s