Hasil Studi: Program Wajib Belajar Terabaikan di Beberapa Daerah

The Jakarta Post, halaman 3, Sabtu, 1 April

Hasil dari sebuah studi mengungkapkan, pemerintah daerah belum memprioritaskan pelaksanaan program wajib belajar (Wajar) 12 tahun dalam kebijakan anggaran mereka. Hal tersebut dapat memungkinkan Indonesia kehilangan bonus demografi yang diperkirakan akan terjadi antara tahun 2020 dan 2030.

Hasil studi yang dirilis Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) pada Kamis lalu (30/3) itu menilai kebijakan angaran pendidikan tahun 2016 di 20 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Dalam studi itu ditemukan bahwa tidak satu pun dari daerah-daerah tersebut yang mengalokasikan anggaran daerahnya untuk program Wajar 12 tahun. Mereka beralasan bahwa tidak tidak ada dasar hukum kuat yang mengharuskan mereka mengalokasikan anggaran untuk program tersebut.

Penilaian kebijakan anggaran pendidikan tersebut dilakukan di Kabupaten Serdang Bedagai di Sumatera Utara, Malang di Jawa Timur, Kabupaten Bengkalis di Riau, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Kebumen dan Pekalongan di Jawa Tengah; Kabupaten Jimbrana di Bali, Kabupaten Maros dan Parepare di Sulawesi Selatan, Kabupaten Aceh Besar dan Banda Aceh di Aceh, Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bandung di Jawa Barat, Palembang di Sumatera Selatan, Kabupaten Gunung Kidul di Yogyakarta, Kabupaten Mempawah di Kalimantan Barat, Kabupaten Kupang di Nusa Tenggara Timur dan Kabupaten Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ahmad Taufik, anggota tim peneliti dari JPPI mengatakan, meskipun telah terbit Permendikbud tahun 2013 tentang Pendidikan Menengah Universal (PMU), namun tidak ada ketentuan yang mengharuskan pemerintah daerah untuk mengalokasikan anggarannya untuk program Wajar 12 tahun. Dalam Permendikbud yang dikeluarkan pada Juli 2013 itu, Kemendikbud mengadopsi ketentuan-ketentuan yang ada dalam “Pendidikan Menengah Universal”, karena dalam UU Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2013 tidak secara spesifik menetapkan program Wajar 12 tahun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s