Utamakan Kejujuran dalam UN

Kompas, halaman 11

Ujian nasional (UN) SMP dan SMA/SMK tahun pelajaran 2016/2017 dimulai secara bergelombang mulai 3 April hingga 17 Mei. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengimbau semua pihak mengutamakan kejujuran dalam menyelenggarakan UN. Muhadjir berharap, dengan diselenggarakannya UN yang bersih dan berintegritas, dapat menanamkan karakter baik kepada para siswa. Guru dapat memberikan contoh yang baik kepada siswa, termasuk untuk jangan memberikan contekan apapun kepada para siswa dalam penyelenggaraan ujian.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemdikbud Nizam mengatakan, secara umum UN berbasis komputer (UNBK) ataupun kertas (UNPK) siap dilaksanakan. Total peserta UNBK sebanyak 3.670.429 siswa, hampir 50 persen dari total jumlah peserta UN (SMP, SMA/SMK sederajat) tahun ini yang sebanyak 7.344.658 siswa. Selebihnya UNPK. Di Provinsi DI Yogyakarta dan DKI Jakarta, sudah 100 persen UNBK tahun ini.

Untuk tingkat SMK, dari 12.509 sekolah, yang menyelenggarakan UNBK sebanyak 9.652 sekolah (78,58 persen), sisanya UNPK. Senin ini, Muhadjir akan meninjau pelaksanaan UN SMK di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Pelaksanaan UN SMK di kabupetan ini diikuti 146 siswa dari 4 SMK yang tersebar di Pulau Wangiwangi, Kaledupa, Tomia, dan Binangko. Penyelenggaraan UN di Wakatobi ini 100 persen masih UNPK.

Direktur Pembinaan SMK, Kemdikbud Mustaghfirin Amin mengatakan, peserta UN SMK tahun ini sebanyak 1.327.246 siswa. Pelaksanaan ujian UNBK di SMK yang paling tinggi dibandingkan di tingkat SMP dan SMA. Hampir sebagian besar siswa SMK ikut UNBK, jumlahnya sekitar 88,6 persen atau 1.176.391 siswa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s