1.327.246 Siswa SMK Ikuti UN Hari Pertama

Suara Pembaruan, halaman 16

Ujian Nasional (UN) bagi sekolah menengah kejuruan (SMK) digelar hari ini, Senin (3/4). Terdapat 1.327.246 siswa SMK yang melaksanakan UN. Dari jumlah tersebut sebanyak 88,6% atau 1.176.391 siswa melaksanakan UN dengan metode Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kepala Pusat Penelitian Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Nizam, mengatakan, UN hari ini dimulai dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Proses pelaksanaannya serentak sesuai dengan jadwal. Ia juga mengimbau para siswa untuk tidak melakukan kecurangan dalam ujian. Untuk hari kedua dan selanjutnya, mata pelajaran yang diujikan adalah matematika, bahasa Inggris, dan ujian teori kejuruan.

Sementara sekolah menengah atas (SMA/MA), baru menjalankan UN pada minggu depan, yakni Senin (10/4). Urutan mata pelajaran yang diujikan pun sama dengan SMK, yakni bahasa Indonesia, matematika, bahasa inggris, dan satu mata pelajaran pilihan sesuai jurusan masing-masing.

Nizam menyebutkan, meski ada perbedaan hari pelaksanaan UN antara sekolah umum dan SMK, siswa diminta untuk tidak cemas. Pasalnya, kisi-kisi dan soal yang diujikan berbeda. Jadi tidak akan terjadi kebocoran soal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s