Server dan Internet Dominasi Pengaduan

Jawa Pos, halaman 3

Ujian nasional (UN) SMK berjalan lancar kemarin (3/4). Memang ada beberapa masalah yang muncul di lapangan. Namun, level pengaduan masalah itu masih minor. Didominasi masalah internet dan server. Secara keseluruhan, pengaduan yang masuk ke Kemendikbud mencapai 383. Pengaduan paling banyak berasal dari Provinsi Jawa Barat yang mencapai 85. Kemudian disusul Jawa Tengah (55), Sumatera Utara (37), dan Jawa Timur (32). Jenis pengaduan yang mendominasi adalah masalah infrastruktur di tingkat sekolah dan pusat sebanyak 148 (38 persen).

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kemendikbud Ari Santoso menjelaskan, masalah infrastruktur UN itu terkait dengan server, perangkat komputer, atau jaringan internet. Masalah dalam pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) kemarin antara lain muncul dari Makassar, Sulawesi Selatan. UNBK sempat tertunda 20 menit, karena masalah koneksi server. Diduga, penyebabnya adalah terjadinya lalu lintas akses yang cukup padat sehingga server kelebihan beban.

Masalah server juga dirasakan siswa peserta UNBK Kota Batam. Di SMK Negeri 1 Sagulung, server juga mengalami masalah. Akibatnya, 22 peserta ujian dalam satu ruangan harus menunggu 15 menit sebelum server kembali terhubung.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Muhammad Ramli Rahim menerangkan, dari jejaring IGI, masuk beberapa laporan masalah UNBK. Di antaranya di Riau sempat terjadi mati lampu. Kemudian, sempat pula terjadi masalah koneksi server. Tetapi, secara umum UNBK berjalan dengan lancar. Menurut Ramli, UNBK cukup efektif menekan potensi kecurangan. Untuk itu, di menyayangkan mengapa persentase siswa yang mengerjakan UNBK sekitar 88 persen. Jika kendalanya adalah infrastruktur komputer, seharusnya itu bisa diatasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s