Dana Abadi Rp 400 triliun Disiapkan untuk 2030

Kompas, halaman 12

Pemanfaatan anggaran pendidikan yang naik setiap tahun sering kali tidak tepat guna dan sasaran. Karena itu Presiden Joko Widodo menginstruksikan sebagian anggaran disisihkan untuk dana abadi pendidikan agar masyarakat makin mudah mengakses pendidikan tinggi. Selama ini, pemerintah mengalokasikan 20 persen APBN untuk belanja pendidikan, sesuai amanat undang-undang dasar. Dari tahun ke tahun, anggaran pendidikan selalu meningkat karena nilai total belanja APBN juga meningkat setiap tahun.

Namun, selama ini sebagian besar anggaran pendidikan dialokasikan untuk pos belanja rutin. Akibatnya, anggaran selalu habis, tetapi kurang tepat sasaran dan kurang tepat guna. Presiden bersama Menteri Keuangan telah menghitung dana abadi pendidikan yang terkumpul bisa mencapai Rp 400 triliun pada 2030. Uang itulah yang digunakan untuk membantu masyarakat mengakses pendidikan tinggi baik di universitas dalam maupun luar negeri.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, pemerintah masih memikirkan mekanisme penyisihan anggaran pendidikan untuk dana abadi pendidikan. Begitu pula tata kelola serta prinsip-prinsip penggunaan anggaran. Pengalokasian sebagian anggaran pendidikan untuk dana abadi akan mulai dilaksanakan dalam APBN 2018. Menurut Sri, dana tersebut terpisah dari pengelolaan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Namun, pada masa datang kemungkinan dana abadi juga dikelola oleh LPDP.

Dana abadi pendidikan sangat dibutuhkan untuk biaya riset pada jenjang S2 dan S3. Dana ini, direncanakan, terus diperbesar nilainya hingga bisa menjangkau sasaran lebih banyak. Dengan langkah ini, diharapkan mutu sumber daya manusia makin meningkat dari tahun ke tahun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s