Ombudsman Temukan 10 Pelanggaran USBN

Republika, halaman 5

Ombudsman Republik Indonesia (ORI) menilai pentingnya pengawasan ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Sebab, USBN ini adalah bentuk standardisasi ujian sekolah yang mengacu pada Permendikbud Nomor 3 Tahun 2017. Dari pemantauan Ombudsman, terdapat 10 maladministrasi dalam USBN. Koordinator Tim 7 Bidang Pendidikan Ombudsman Rully Amirulloh menuturkan, temuan  pertama, yakni terkait pembuatan, penggandaan, dan pendistribusian soal yang dilakukan pemeirntah daerah tanpa pengawasan ketat dari pihak Kemendikbud.

Temuan kedua, yakni tidak adanya koordinasi dengan kepolisian dalam proses pengamanan percetakan dan pendistribusian soal sehingga menimbulkan terjadinya kebocoran kunci jawaban. Temuan ketiga, pengawas ujian yang tidak menggunakan sistem silang mengakibatkan independensi pengawas diragukan. Temuan keempat adalah tidak ada uji kompetensi khusus dalam merekrut anggota musyawarah guru mata pelajaran dalam perumusan dan penggabungan soal ujian.

Temuan kelima, lanjut Rully, yakni masih ada beberapa sekolah yang tidak mempunyai pakta integritas pengawas. Padahal, ini untuk menjamin kerahasiaan pelaksanaan ujian. Keenam, ORI menemukan adanya pungutan dari oknum guru kepada peserta ujian sebesar Rp 25 ribu untuk memperoleh kunci jawaban.

Selain itu temuan ketujuh, ada sekolah yang menyelenggarakan USBN berbasis komputer dengan menyarankan peserta ujian untuk membawa laptop pribadi karena fasiltas sekolahnya belum memadai. Dalam proses penyelenggaraan ujian, ORI juga menemukan bahwa pengawas menciptakan kondisi yang tidak kondusif, termasuk menggunakan ponsel saat ujian berlangsung. Temuan kesembilan yakni terkait peserta yang membawa alat komunikasi dan elektronik ke dalam ruangan ujian. Sedangkan temuan terakhir, ada peserta yang menerima kunci jawaban dari guru, di mana hal ini terjadi di salah satu sekolah swasta madrasah aliyah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s