Banyak Siswa Harus UN Susulan

Kompas, halaman 12

Ujian nasional berbasis komputer tingkat SMK di hari terakhir, Kamis (6/4), bermasalah dalam memunculkan soal-soal teori kejuruan sesuai program keahlian. Akibatnya, banyak siswa yang gagal menuntaskan ujian. Mereka pun terpaksa ikut ujian susulan.

Sajian soal teori kejuruan yang tidak lengkap terjadi di sejumlah SMK di sejumlah daerah. Jumlah soal tidak lengkap yang diterima siswa berbeda-beda. Bahkan ada yang hanya mendapat enam soal dari total 40 soal. Namun, masalah ini hanya terjadi pada program keahlian tertentu.

Seperti yang dialami 237 siswa SMK Negeri 2 Surabaya, Jawa Timur, dari tiga jurusan yang terpaksa mengikuti UNBK susulan pada 19 April. Kemarin mereka tak bisa menyelesaikan ujian teori kejuruan karena ada gangguan pada sistem. Ketua Panitia UNBK SMKN 2 Surabaya Dwi Wahyu Hidayat megatakan, gangguan sistem terjadi pada sesi pertama dan ketiga. Gangguan tersebut mengakibatkan soal yang keluar di sistem tidak utuh atau soal yang muncul adalah soal untuk jurusan lain.

Hal serupa dialami ratusan pelajar SMK di Kabupaten Banyumas dan Purbalingga, Jawa Tengah. Sekretaris Panitia UNBK SMK Yos Sudarso Sokaraja, Banyumas, Florentina Haswari mengatakan, dari total 34 siswa kelas XII yang mengikuti ujian, terdapat 16 anak yang harus ikut ujian susulan. Sedangkan di Purbalingga, Ketua Panitia Pelaksanaan UNBK Kabupaten Purbalingga Juwani, mengatakan, terdapat enam SMK yang mengalami gangguan serupa.

Terkait hal itu, Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nizam mengatakan, permasalahan tersebut karena ragam kejuruan banyak, lebih dari 170 program keahlian di SMK.  Model uji teori kejuruan jadi lebih kompleks dari yang mata pelajaran umum. Ada yang pakai animasi, video, dan lain-lain sehingga tidak semua hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) bisa berjalan dengan baik. Saat ini, pihaknya masih menginventarisi agar masalah itu tidak terjadi lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s